Sering kali ketika mengajar dengan beragam jenis siswa menjadikan kita memerlukan usaha lebih untuk membagi fokus di antara mereka. Keberagaman mereka cukup menjadi tantangan bagi kita untuk menentukan pola ajar yang sesuai agar dapat ditangkap oleh seluruh siswa. Tantangan lain yang harus dihadapi adalah daya fokus siswa, sebagian besar siswa memiliki daya fokus yang berbeda, hal ini berpengaruh pada tingkat perhatian ketika penjelasan di kelas.
Lalu, sebenarnya apa sih faktor yang menghambat konsentrasi belajar siswa selama di kelas? Simak, beberapa hal berikut:
1. Faktor masalah dari rumah
Faktor yang menyebabkan siswa kesulitan berkonsentrasi selama belajar di kelas adalah dikarenakan memiliki permasalahan di rumah, yang mana permasalahan ini berkaitan dengan hubungan siswa dan orangtua yang dapat mempengaruhi pikiran siswa sehingga berdampak pada kurangnya konsentrasi selama belajar.
2. Faktor sarana prasaranaSarana dan prasarana yang kurang mendukung dapat mengurangi konsentrasi belajar siswa dikarenakan kurangnya fasilitas pendukung untuk pembelajaran.
3. Metode yang digunakan selama mengajar
Penggunaan metode yang kurang tepat dapat menjadikan siswa bosan dan tidak bersemangat ketika belajar. Maka dari itu, sebagai seorang guru diharuskan dapat membaca situasi dan kondisi siswa agar dapat menyesuaikan kondisi selama mengajar.
4. Faktor lingkungan
Lingkungan pertemanan siswa dapat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Hal ini seperti lingkungan belajar yang ramai dan tidak tertib, yang mana hal itu dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa.
Nah, setelah mengetahui apa saja yang dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Mari simak langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut:
1. Mengenali dan Memahami Siswa
Sebagai langkah untuk mengenali siswa, kita juga harus berusaha memahami kondisi dan karakter siswa hal ini dapat kita lakukan dengan berdiskusi dan berdialog dengan orang tua siswa. Melalui metode ini kita akan mengetahui sudut pandang dari siswa dan orang tua. Sehingga ketika terjadi konflik di antara keduanya kita dapat membantu sebagai penengah.
2. Melakukan Peningkatan Sarana dan Prasarana Belajar
Upaya meningkatkan pembelajaran yang semakin menarik, memerlukan usaha yang salah satunya dengan sarana dan prasarana yang memadai. Hal ini ditujukan untuk memberikan dukungan pembelajaran kepada siswa agar siswa dapat lebih memahami materi yang disampaikan.
3. Mau Belajar Hal Baru dan Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan yang Ada
Sebagai upaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Kita harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada di dunia siswa. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses penyampaian materi kepada siswa. Selain itu, juga dapat dilakukan secara informal dalam artian menyesuaikan mood dan kondisi dari siswa, ketika dirasa sudah jenuh dapat dilakukan ice-breaking atau games untuk meningkatkan mood siswa.
4. Meminimalisir Pengaruh dari Luar
Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan aturan ketat kepada siswa untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Selain itu dapat dilakukan dengan penyesuaian tempat duduk siswa, serta pemberlakukan time block selama beberapa saat dimana pada waktu tersebut siswa dilarang untuk beraktivitas lain selain memperhatikan kita.
Nahh, itu dia beberapa informasi terkait cara dan penyebab tingkat konsesntrasi pada siswa. Mari kita ciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk menumbuhkan siswa yang unggul.
Artikel ini dikutip dari:
Muhtar, M., Kamal, H., Assaad, A. S., & Institut Agama Islam Negeri Palopo. (2019). Upaya Guru Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. In Jurnal Konsepsi: Vol. Vol. 8 (Issue No. 1, p. 10). https://p3i.my.id/index.php/konsepsi
0 Comments